Berita Kesehatan
7 Tips Mencegah Sinusitis Kambuh
Senin, 12 Okt 2020 10:33:33

Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus, rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinus merupakan penyakit umum yang dapat menjangkiti segala usia. Biasanya, sinus ditandai dengan adanya rasa sakit di tenggorokan, nyeri pada dahi atau di sekitar mata, nyeri di tulang pipi, bau napas yang tidak sedap, dll. Akibat dari gejala tersebut tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga diperlukan suatu upaya untuk mencegah sinusitis kambuh kembali.

Bagaimana cara mencegah sinusitis agar tidak kambuh?

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah sinusitis yang dapat Anda lakukan.

Rajin cuci tangan

Mungkin tanpa sadar, Anda seringkali menyentuh mata, hidung, dan mulut. Akibatnya, kuman dapat masuk ke dalam tubuh lewat tiga “pintu” utama ini dan membuat Anda sakit. Oleh karena itu, cuci tangan adalah langkah paling penting untuk menghindari sakit dan penyebaran kuman atau virus ke orang lain. Bahkan, menurut sebuah studi menujukkan bahwa rajin mencuci tangan dapat mengurangi gangguan pernapasan, seperti pilek, hingga 16-21%.

Perbanyak minum air

Banyak minum air putih adalah cara yang efektif untuk menjaga selaput lendir yang lembap dan tipis karena dapat mencegah saluran hidung kering. Selaput lendir harus tetap terhidrasi untuk bekerja secara efisien sehingga dapat mengurangi risiko tertular infeksi virus. Selain itu, memperbanyak konsumsi air saat menderita flu dapat membantu Anda untuk cepat sembuh.

Dapatkan vaksin flu tahunan

Menurut CDC, dengan Anda mencegah flu berarti Anda juga mencegah sinusitis. Vaksin influenza selalu didesain ulang untuk mencocokkan rantai virus yang selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Vaksin flu direkomendasikan untuk :

  • Semua anak usia 6-18 tahun
  • Orang dewasa >65 tahun
  • Orang dewasa yang berisiko tinggi mengalami komplikasi influenza
  • Petugas kesehatan

Vaksin mengajari tubuh Anda mengidentifikasi virus dan bagaimana melawannya. Kemudian, ketika terjadi kontak dengan virus yang sebenarnya, sistem kekebalan tubuh Anda dengan cepat mengenalinya dan melakukan perlawanan. Namun, mendapatkan vaksin flu bukanlah jaminan bahwa Anda tidak akan mengalami flu sama sekali. Setidaknya, saat Anda sakit flu, vaksin membantu Anda membentuk lebih dari setengah porsi kekebalan tubuh dan mengurangi gejala berat yang mungkin dialami. Selain itu, vaksin flu adalah pertahanan terbaik yang Anda dapat lakukan untuk mencegah sinusitis.

Hindari stres

Secara medis, ketika Anda sedang stres, antibodi Anda akan siap bereaksi. Semakin lama stres bertahan, maka antibodi akan semakin melemah. Saat mengalami stres, beberapa orang akan menggosok dan meniup hidung mereka lebih keras dari biasanya. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada daerah hidung, sehingga menjadi pintu masuk untuk peradangan sinus. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah sinusitis adalah menghindari stres dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi seperti pergi ke bioskop, jalan-jalan, berolahraga, bernyanyi, dan lainnya.

Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan dapat menjaga tubuh Anda tetap dalam keadaan prima. Menurut Harvard Medical School, kondisi tubuh yang prima dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan makanan yang Anda konsumsi untuk mencegah sinusitis. Makanan yang mungkin dapat Anda konsumsi adalah buah-buahan dan sayuran berwarna gelap yang kaya akan antioksidan.

Hindari alergen di lingkungan

Biasanya, orang yang menderita sinusitis kronis harus menghindari daerah-daerah dan kegiatan yang dapat memperburuk kondisi mereka. Hindari asap rokok, cerutu, dan pipa asap yang dapat mengganggu peradangan lanjut membran dalam hidung dan sinus. Anda tidak perlu menjauhi orang yang pilek dan yang memiliki infeksi saluran pernapasan atas, namun cucilah tangan Anda dengan menggunakan sabun setelah berkontak.

Menjaga kesehatan mulut

Infeksi sinus juga dapat berkembang dengan gigi berlubang atau trauma langsung ke ruang sinus. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mulut dengan rajin gosok gigi, berkumur, menggosok lidah, serta menggunakan benang gigi, dapat mencegah sinusitis.