Berita Kesehatan
Apa Itu Perawatan Pulpotomi untuk Gigi?
Jumat, 29 Mei 2020 14:13:22

Merawat kesehatan gigi perlu rutin dilakukan. Selain dengan cara sederhana seperti menyikat gigi setiap hari, Anda secara berkala dianjurkan untuk mengunjungi dokter gigi. Maka itu, Anda akan lebih mudah mengetahui kondisi kesehatan mulut dan gigi serta mungkin akan mendapat tindakan medis seperti scaling dan lainnya. Dari berbagai masalah pada gigi, terdapat satu yang mungkin belum banyak orang ketahui, yaitu pulpotomi.

Apa itu pulpotomi?

Pulpotomi adalah prosedur perawatan gigi untuk mengangkat pulpa (bagian dalam gigi dimana terdapat saraf dan pembuluh darah) dari mahkota gigi dan pulpa di kanal atau saluran akar gigi tetap dibiarkan.

Prosedur ini biasanya dilakukan pada gigi susu (pada anak-anak) dan untuk mengatasi kerusakan gigi yang telah meluas hingga ke bagian pulpa.

Mengapa harus dilakukan?

Pulpotomi biasanya dilakukan pada anak-anak untuk menyelamatkan gigi susu yang mengalami kerusakan parah, dan terkadang disebut juga dengan “perawatan saluran akar.” Jika perawatan dilakukan pada gigi permanen, pulpotomi merupakan bagian dari prosedur perawatan saluran akar.

Gigi susu berperan untuk mempersiapkan ruang bagi gigi permanen agar dapat tumbuh. Jika Anda kehilangan gigi susu terlalu cepat, hal ini dapat memicu beberapa masalah seperti:

  • Kesulitan mengunyah
  • Masalah pada perkembangan untuk berbicara
  • Mengalami masalah pada susunan gigi permanen, menyebabkan gingsul, dan penumpukan menyulitkan saat gigi akan dibersihkan

Jika Anda mengalami keluhan sakit ketika hal yang dingin, panas, atau manis seperti makanan dan minuman menyentuh gigi, hal ini mungkin menunjukkan jika ia memiliki pulpitis (peradangan pada pulpa gigi).

Dokter gigi akan merekomendasikan pulpotomi jika Anda atau anak memiliki karies gigi (kerusakan gigi) yang menyerang pulpa di bagian mahkota gigi.

Perawatan gigi ini juga dilakukan apabila kerusakan gigi terlalu dekat dengan pulpa pada mahkota gigi. Karena jika kerusakan gigi diangkat, hal ini akan membuat pulpa terlihat atau terekspos.

Perbedaan pulpotomi dan perawatan saluran akar (root canal)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pulpotomi merupakan prosedur pengangkatan pulpa dari mahkota gigi. Gigi tersebut lalu diisi dengan bahan yang dapat diserap oleh tubuh ketika gigi sulung mulai tumbuh.

Sedangkan, perawatan saluran akar dilakukan dengan pulpotomi sebagai prosedur awal. Dengan kata lain, pulpotomi merupakan bagian dari perawatan saluran akar dan biasanya dilakukan pada gigi permanen.

Pulpotomi harus dilakukan oleh dokter gigi dengan beberapa langkah prosedur seperti:

  • Sinar X-ray digunakan untuk mengetahui apakah terdapat tanda dari infeksi yang mengelilingi area gigi tertentu dan melihat bentuk saluran akar
  • Anestesi lokal digunakan untuk membuat membuat kebas
  • Pengeboran dilakukan untuk membuat lubang pada gigi
  • Pengangkatan pulpa dilakukan
  • Gigi dibersihkan, mendapat desinfeksi, dan disiapkan untuk diisi oleh bahan khusus
  • Gigi diisi oleh bahan khusus yang dapat diserap oleh tubuh

Prosedur dapat dilakukan dalam sekali kunjungan dokter, berbeda dengan perawatan saluran akar membutuhkan beberapa kali kunjungan.

Apakah pulpotomi dapat dihindari?

Tentu saja. Menerapkan kebiasaan membersihkan dan menjaga kesehatan gigi adalah upaya pencegahannya. Anda dapat mulai dengan:

  • Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari
  • Minum air setelah makan untuk membasuh gula dan asam yang tertinggal
  • Kurangi minuman manis dan ganti dengan susu
  • Rutin memeriksakan gigi pada dokter. Mengetahui kerusakan gigi sejak dini dapat mencegah pulpotomi

Pulpotomi merupakan salah satu prosedur perawatan gigi, terutama untuk mengatasi masalah pada gigi susu. Menyelamatkan gigi susu tidak harus selalu dilakukan.

Namun jika keadaan memaksa, perawatan ini dapat dilakukan untuk mencegah masalah seperti gingsul karena gigi sulung terlalu cepat dicabut atau lepas. Dokter dapat menentukan apakah pulpotomi merupakan pilihan tindakan medis terbaik.