Berita Kesehatan
Ayo Mengenal Lebih Detail Tentang Penyakit Pneumonia yang Mematikan
Sabtu, 29 Sep 2018 16:33:37

Pneumonia merupakan salah satu penyakit yang menyerang paru-paru dan disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit ini disebut sebagai infeksi jaringan paru (parenkim). Pneumonia umumnya disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. 

Umumnya, bakteri yang menyebabkan infeksi paru-paru ini adalah bakteri Mycoplasma pneumoniae dan streptokokus (Streptococcus). Bahayanya berdasarkan World Health Organization (WHO), pneumonia merupakan penyumbang paling besar atas kematian anak-anak di bawah umur lima tahun.

Masih berdasarkan WHO, sekira 16 persen kematian anak di bawah usia lima tahun disebabkan oleh infeksi paru-paru ini. Tak hanya anak-anak, pneumonia juga bisa menyerang siapa pun, meski bayi, anak-anak dan individu yang berusia 65 tahun ke atas risikonya lebih tinggi.

Gejala

Pneumonia yang disebabkan oleh virus merupakan penyakit yang mudah menular melalui udara. Beberapa gejala infeksi ini di antaranya batuk berdahak, demam, berkeringat dingin, sesak napas, dan sakit dada. 

emudian untuk anak-anak gejalanya meliputi bernapas lebih cepat, muntah, kekurangan energi, sulit makan, dan minum. Sementara pada orangtua, gejala dimulai dari suhu tubuh yang lebih rendah dari suhu normal. Demikian dilansir dari Healthline, Jumat (28/9/2018).

Dampak Komplikasi

Pneumonia umumnya dapat menyebabkan komplikasi, terutama bagi individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau penyakit kronis seperti diabetes. Komplikasi pneumonia bisa meliputi kegagalan organ karena bakteremia, abses paru-paru, gangguan pernapasan, efusi pleura atau penumpukan cairan di jaringan yang melapisi paru-paru, hingga kematian.

Sebab dalam beberapa kasus, pneumonia bisa berdampak fatal. Di Amerika Serikat, pneumonia membunuh 60.000 jiwa dari dua hingga tiga juta orang yang mengidap penyakit tersebut.

Pencegahan

Meskipun berbahaya, penyakit pneumonia ini bisa dicegah dengan cara vaksin pneumonia yang dapat membantu melindungi terhadap bakteri penyebab infeksi paru-paru ini. Selain vaksinasi, pencegahan bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat dan bersih seperti berhenti merokok, mencuci tangan dengan air dan sabun, menutup batuk, istirahat cukup, makan makanan sehat, dan olahraga teratur.