Berita Kesehatan
Camilan Berbahaya yang Lengket dan Buat Gigi Berlubang!
Kamis, 12 Okt 2017 12:12:31

Walau dianggap sepele oleh sebagian orang, namun nyatanya adanya gigi berlubang merupakan salah satu masalah pada kesehatan gigi yang cukup mengganggu. Tidak biasa dipungkiri kalau masalah gigi berlubang ini memiliki kaitan dengan asupan makanan.

Dikutib dari seumlah sumber, beberapa cemilan yang dikonsumsi seseorang merupakan salah satu penyebab terjadinya gigi berlubang. Cemilan yang memiliki sifat manis dan lengkeng dapat meningkatkan resiko terkena masalah gigi tersebut.

Drg Ratu Mirah Afifah GCClinDent MDSc, selaku Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia menjelaskan, sekarang ini banyak cemilan yang sudah digemari anak-anak yang memiliki sifat kariogenik yang dapat meningkatkan resiko gigi berlubang.

Sehingga dengan itu, adanya kempanye edukasi kesehatan gigi dan mulut, sudah mengajak kepada para orang tua untuk memberikan kesadaran pentingnya pemilihan cemilan yang bernutrisi seimbang, sehingga tidak akan membuat permasalahan pada gigi.

Dia menjelaskan, kadar keasaman mulut akan mengalami penurunan jika mengonsumsi terlalu banyak cemilan yang mengandung karbohidrat dan gula khususnya yang lengket. Bahkan penurunan keasaman dalam mulut akan mencapai dibawah pH kritis 5,5.

“Bila terjadi terus menerus kondisi ini menyebabkan hilangnya mineral (email) pada gigi dan mengakibatkan terjadinya gigi berlubang,” kata dia di sela Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2017, di Jakarta, belum lama ini.

Berikut beberapa cemilan yang dapat beresiko membuat gigi berlubang:

1. Permen, cake, cokelat

Sejumlah makanan tersebut sudah dikenal memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan bertekstur lengket. Oleh karena itu, cemilan ini juga dapat menyebabkan gigi berlubang. Karena seiring berjalannya waktu, gula akan mengikis lapiran enamel gigi.

2. Kripik kentang

Pati kentang telah mengandung kerbohidrat yang menempel pada gigi, sehingga akan menurunkan kadar keasaman dan menyebabkan gigi berlubang.

3. Minuman bersoda

Minuman soda mengandung gula biatan dan sakirin yang dapat mengikis enamel gigi.

4. Pasta, mi, dan roti lembut

Semua makan tesebut mengandung tepung, pada saat dikonsumsi maka akan terasa lengket sehingga menempel pada gigi. Hal ini yang menjadi penyebab terjadinya gigi berlubang.