Berita Kesehatan
Daftar Makanan dan Minuman Penghilang Bau Mulut
Sabtu, 10 Okt 2020 11:17:17

Punya masalah dengan bau mulut padahal Anda rajin menyikat gigi? Berarti bau mulut Anda bisa saja muncul karena makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Beberapa makanan dan minuman tertentu dapat “mencemari” napas Anda selama beberapa jam, sehingga mulut Anda berbau tak sedap dan mengganggu orang lain. Tapi, ada juga sejumlah makanan yang bisa jadi solusi menghilangkan bau mulut.

Makanan dan minuman yang biasanya menjadi penyebab bau mulut

Ada beberapa makanan dan minuman penyebab bau mulut, yaitu:

1. Bawang putih dan bawang bombay

Lisa Harper Mallonee, MPH, RD, profesor di Texas A&M Health Science Center Baylor College of Dentistry, mengatakan kedua bahan makanan tersebut merupakan daftar teratas penyebab bau mulut atau halitosis.

“Ini dikarenakan senyawa sulfur dalam kedua bawang tersebut masih tertinggal di dalam mulut Anda dan diserap ke dalam aliran darah, kemudian dikeluarkan ketika Anda mengeluarkan napas,” ujar Lisa.

2. Kopi dan alkohol

Ketika Anda minum kopi dan alkohol, Anda akan menciptakan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan bakteri di mulut. Kopi dan alkohol juga dapat mengeringkan mulut dengan mengurangi aliran saliva dan membuat bakteri penyebab bau tinggal lebih lama.

Makanan dan minuman yang bisa menghilangkan bau mulut

Untuk menghilangkan bau mulut, Anda tidak hanya harus mengurangi atau menghindari makanan dan minuman penyebab mulut Anda berbau. Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan dan mencegah bau di mulut Anda. Apa saja?

1. Keju dan yogurt

Julie Linzel, ahli kebersihan gigi di Charlottetown, Kanada mengatakan kepada besthealthmag.ca, Anda bisa memakan sepotong keju setelah makan untuk menetralisir beberapa asam makanan yang dapat tertinggal di gigi dan membuat mulut Anda bau.

Linzel menambahkan, yogurt tanpa gula juga dapat membantu. Sebuah studi kecil di Jepang menemukan bahwa orang yang mulutnya bau dapat berkurang baunya setelah memakan yogurt dua kali sehari. Ini dikarenakan yogurt mengurangi kadar hidrogen sulfida, senyawa yang dapat menyebabkan bau mulut.

2. Air putih

Juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics, Amy Jamieson-Petonic mengatakan kepada Huffingtonpost, hidrasi yang teratur dapat membuat aroma napas Anda lebih baik. Ini karena air putih melembapkan mulut dan tenggorokan, serta membersihkan bakteri penyebab bau mulut dan sisa-sisa makanan.

Meminum air putih dapat meningkatkan produksi saliva, yang bekerja konstan sebagai agen pembersih dan menghilangkan zat penyebab bau dalam makanan dan minuman.

3. Permen karet bebas gula

Camilan yang dapat meningkatkan aliran saliva dalam mulut Anda, seperti permen karet bebas gula, akan mengurangi bau di mulut Anda. Linzel mengatakan, rasa mint dapat menutupi bau tak sedap di mulut. Lain lagi dengan cinnamon, ia dapat menghentikan bau di sumber baunya.

4. Makanan kaya vitamin C

Makan makanan yang kaya vitamin C, seperti paprika merah dan brokoli, adalah salah satu cara menghilangan bau mulut. Vitamin C membuat lingkungan jadi tidak nyaman untuk bakteri penyebab bau mulut. Ketika dimakan mentah, mereka lebih ampuh melawan bakteri yang membuat mulut Anda bau. Karena lebih renyah dan dapat menimbulkan abrasi, makanan tersebut dapat melepas sisa-sisa makanan yang masih menempel atau bersembunyi di gigi.

5. Apel

Buah renyah seperti apel, yang juga kaya akan serat adalah cara praktis menghilangkan bau mulut. Mengunyah apel dapat membuat mulut memproduksi lebih banyak saliva. Apel dapat membantu mengurangi plak dan sisa-sia makanan di gigi, yang biasanya jadi sumber bakteri penyebab mulut Anda berbau.

6. Teh hijau

Flavonoid merupakan antioksidan yang baik untuk Anda. Ia ditemukan pada sayuran dan teh hijau. Amy mengatakan, teh hijau sangat berguna untuk mengusir senyawa sulfur penyebab bau, dan bakteri yang ada di dalam mulut Anda, sehingga efektif untuk menghilangkan bau mulut.