Berita Kesehatan
5 Kebiasaan Harian yang Bisa Bantu Mencegah Masalah dalam Mulut
Jumat, 08 Mei 2020 15:24:50

Menjaga makanan yang dikonsumsi hingga rutin merawat kebersihan tubuh memang perlu diperhatikan, karena ini salah satu penentu kondisi kesehatan seseorang. Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mencegah masalah pada mulut, misalnya infeksi dan bau mulut. Lalu, hal apa saja yang bisa dilakukan untuk bantu mencegah masalah mulut? Simak penjelasan berikut.

Kebiasaan yang bisa dilakukan sehari-hari agar terhindar masalah mulut

Kebiasaan positif dapat tercermin dari kebersihan dan kesehatan tubuh Anda. Misalnya dengan rutin berolahraga, Anda akan memiliki berat badan yang ideal atau postur yang tegap. Selain itu, apabila Anda terbiasa menjaga kebersihan mulut, gangguan kesehatan seperti bau mulut hingga masalah mulut tidak akan terjadi.

Untuk itu, lakukan beberapa hal berikut untuk dapat membantu Anda terhindar dari gangguan kesehatan dalam mulut.

Menyikat gigi, flossing, dan menggunakan mouthwash setiap hari

cara memilih obat kumur saat puasa

Sebagian besar orang mungkin sudah tahu betapa pentingnya rutin menyikat gigi setiap hari. Namun, kebersihan gigi akan lebih terjaga optimal apabila Anda juga melakukan flossing, lalu dilengkapi dengan berkumur menggunakan mouthwash yang mengandung 4 minyak esensial untuk mengurangi 99.9% kuman penyebab bau mulut, mengurangi plak, dan melawan kuman penyebab masalah gigi.

Menyikat gigi dua kali sehari merupakan kunci kesehatan gigi dan mulut sehingga Anda dapat terhindar dari kerusakan gigi hingga masalah pada gusi. Usahakan juga untuk setidaknya melakukan flossing satu kali dalam sehari.

Akhiri proses membersihkan gigi dengan obat kumur. Seperti dilansir dari MedicalNewsToday, mouthwash atau obat kumur mengandung bahan antiseptik yang dapat membantu mengontrol plak dan menjaga kesehatan gusi.

Membatasi makanan manis dan yang mengandung tepung

batasi makanan manis saat puasa

Gula yang terkandung dalam makanan dan minuman merupakan salah satu penyebab utama gangguan kesehatan mulut, seperti gigi berlubang. Dengan membatasi asupan gula, Anda dapat melindungi gigi dan mulut.

WHO merekomendasikan Anda untuk membatasi gula di bawah 10% dari total batas kalori harian. Selain itu, makanan bertepung seperti biskuit, roti, dan pasta dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mulai membiasakan menghindari makanan yang mengandung gula dan tepung. Sebagai alternatif, konsumsi buah sebagai sumber makanan manis.

Minum air putih daripada minuman manis

veneer gigi pecah

Minuman manis seperti soda atau yang mengandung rasa teh atau buah merupakan kebiasaan yang dapat merugikan dan menyebabkan gangguan kesehatan gigi dan mulut. Minum saja air putih yang murah dan menyegarkan.

Tak hanya dibutuhkan tubuh untuk dapat bekerja secara normal, Anda juga dapat terhindar dari dehidrasi. Air putih tidak akan merugikan gigi dan mulut karena bebas dari asam.

Mengunyah permen karet bebas gula untuk bantu cegah masalah bau mulut

mencegah infeksi mulut

Apabila Anda termasuk orang tidak tahan untuk berhenti makan camilan, permen karet bebas gula bisa jadi solusinya. Dilansir dari dentalhealth.org, mengunyah permen karet jenis ini dapat mengalihkan keinginan Anda untuk makan camilan yang sebagian besar dapat merugikan kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, apabila mengunyah permen karet bebas gula setelah makan, Anda dapat mengurangi serangan asam yang tertinggal akibat makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Hal ini disebabkan karena produksi air liur yang bekerja sebagai pertahanan alami mulut dari serangan asam dapat meningkat.

Rutin mengunjungi dokter gigi

mencegah infeksi mulut

Cukup melakukan pemeriksaan dua kali dalam setahun ke dokter gigi, dapat memastikan kesehatan gigi dan mulut Anda. Maka itu, Anda terhindar dari berbagai gangguan kesehatan termasuk masalah mulut.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai berapa lama sebaiknya melakukan pemeriksaan. Hal ini dikarenakan kesehatan gigi dan mulut orang berbeda-beda, misalnya dipengaruhi oleh usia.

Sebelum melakukan sebuah kebiasaan, sebaiknya pertimbangkan dahulu dampaknya terhadap tubuh Anda. Lakukan kebiasaan yang baik, terutama yang bermanfaat bagi kesehatan.