Berita Kesehatan
Apakah Sinusitis Bisa Diturunkan dari Orangtua ke Anak?
Senin, 16 Mar 2020 09:47:05

Sinusitis adalah peradangan pada sinus, yaitu rongga kecil yang ada di belakang tulang dahi dan pipi. Kondisi ini bisa muncul dipicu infeksi bakteri hingga reaksi alergi terhadap sesuatu. Namun, ada yang bilang juga kalau penyebab sinusitis adalah genetik warisan orangtua. Apakah benar sinusitis dapat diturunkan?  

Apakah benar sinusitis bisa diturunkan dari orangtua ke anak?

Sinusitis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, alergi, polusi, atau polip hidung (pertumbuhan daging jinak di hidung yang menyebabkan napas tersumbat). Selain itu, sinusitis juga sering muncul setelah Anda terserang flu. Sedangkan sinusitis kronis dapat disebabkan oleh rongga sinus sempit (kondisi bawaan) atau sinus yang terlalu kering (misalnya karena berada di lingkungan lembap).

Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa genetik adalah salah satu penyebab sinusitis. Meski begitu, Anda bisa saja membawa gen sinus yang diturunkan dari orangtua Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di John Hopkins menyatakan bahwa riwayat sinusitis keluarga dapat meningkatkan risiko sinusitis seseorang. Namun, hal ini belum tentu membuat Anda otomatis mengalami sinusitis.

Pasalnya, kondisi lingkungan sekitar dan riwayat kesehatan diri tetap berpengaruh lebih besar untuk menyebabkan sinus Anda meradang. Misalnya, ketika Anda sering terpapar dengan alergen (hal yang membuat alergi muncul; baik dimakan, disentuh, atau dihirup) atau Anda punya polip pada hidung, maka hal inilah yang lebih mungkin memicu sinusitis.

Penyebab sinusitis lainnya yang perlu diwapadai

Tak hanya alergi ataupun polip hidung saja, namun ada beberapa penyebab sinusitis yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Riwayat kesehatan diri. Orang yang pernah alami cystic fibrosis, asma, penyakit asam lambung, terinfeksi HIV, hingga memiliki gangguan sistem imun, dapat terkena sinusitis.
  • Infeksi saluran pernapasan. Bakteri penyebab infeksi saluran napas dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan lendir lebih banyak. Hal ini yang kemudian membuat sinus meradang.
  • Sering terpapar polusi. Jika Anda dikelilingi dengan polusi udara, seperti asap rokok setiap harinya, maka sangat mungkin Anda akan mengalami radang pada sinus.

Untuk mengetahui penyebab sinusitis yang terjadi ada Anda, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Lantas, apakah ada cara untuk mencegah sinusitis?

Karena penyebab sinusitis yang utama bukanlah genetik, melainkan lingkungan, maka tentu ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko dari sinusitis.

  • Jaga kesehatan, jangan sampai mengalami infeksi pada saluran napas. Batasi kontak dengan orang yang sedang flu atau infeksi saluran napas. Cuci tangan yang sering dengan air mengalir dan sabun.
  • Hindari hal-hal yang dapat membuat Anda alergi, misalnya makanan, debu, bulu binatang, atau hal-hal lainnya. Pastikan bahwa Anda tahu penyebab alergi, sehingga Anda membatasi kontak dengan alergen tersebut.
  • Hindari polutan udara, seperti asap rokok dan asap knalpot kendaraan.