Berita Kesehatan
Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tanpa Obat
Jumat, 18 Jan 2019 09:51:30
Sebenarnya ada banyak solusi untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Gigi yang sakit dikarenakan oleh banyak hal anda anda harus tahu alasan mengapa gigi anda sakit sebelum anda menghilangkannya.

Setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Dalam keadaan tertentu banyak orang yang berusaha menghilangkan sakit gigi tanpa obat, dengan berbagai alasan tentunya.

Termasuk saya yang mempunya pengalaman sendiri untuk menghilangkan sakit gigi.

Jika ada satu anggota tubuh yang sakit, maka semua tubuh akan ikut sakit. Pernyataan ini juga berlaku pada orang yang menderita sakit gigi.

Padahal, kalau di pikir-pikir sakit gigi adalah salah satu indikasi ada yang tidak beres dengan gigi anda.

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya. Waktu itu, saya kembali pada acara ulang tahun salah satu teman saya, disana kami makan makanan yang sebagian besar adalah makanan manis atau berbahan dasar gula, atau setidaknya ada campuran gulanya.

Setelah merayakan, karena perjalanan ke rumah saya agak jauh, saya sempat singgah di kedai kopi untuk beristirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan. Saya kemudian memesan Kopi dan menyantapnya.

Setelah kopi saya habis, saya kemudian kembali ke Rumah saya. Kira-kira perjalannya 45 menit dari rumah saya, cukup jauh memang.

Setelah sampai di rumah, saya kemudian menghempaskan diri saya di tempat tidur dan tertidur.

Sekitar jam 12 malam saya terbangung, gigi saya terasa sakit sekali. Sakitnya tidak dapat dijelaskan.

Padahal gigi berlubang sudah saya cabut beberapa bulan lalu, lalu kenapa saya masih sakit gigi? Ternyata itu dikarenakan makanan dan minuman yang saya konsumsi sebelumnya.

Dan bagaimana saya akan mengobatinya? Apalagi saya menderita pada jam-jam seperti ini. Saya kemudian mencari alternatif untuk mengobatinya tanpa obat sekalipun dengan mengandalkan bahan-bahan dari dapur.

Penyebab Sakit Gigi


Berdasarkan pengalaman saya itu, saya lalu berasumsi salah satu penyebab utama sakit gigi adalah makanan yang kita konsumsi, termasuk didalamnya minuman.

Sekalipun anda tidak memiliki Gigi berlubang, tetapi penyakit sial ini tetap akan diderita oleh anda karena hal itu.

Penyebab sakit gigi yang lain tentu saja gigi yang berlubang, gigi baru yang tumbuh misalnya pada anak kecil, gigi yang bergoyang, Guzi yang retak dan lain sebagainya. Sebagian besar penyababnya adalah itu.

Saya kemudian mencoba menghilangkan rasa sakit pada gigi saya tersebut, dengan cara menyikat gigi tetapi rasa sakitnya tidak hilang dan tidak berkurang. Sementara, opotik cukup jauh dari tempat saya tinggal, kira-kira sekitar 6 kilometer jauhnya.

Berbekal pengalaman tentang farmasi, saya coba menenangkan pikiran saya dan mulai memikirkan bagaimana saya bisa menghilangkan rasa sakit pada gigi tanpa obat?

Mungkin cara ini yang saya lakukan ini patut anda coba untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Cara Menghilangkan rasa sakit pada gigi tanpa obat


Di dapur anda sebenarnya tersedia banyak sekali bahan-bahan yang dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi. Meski pada dasarnya tidak bisa menyembuhkannya.Karena menghilangkan dan menyembuhkan mempunyai dua pengertian yang sama sekali berbeda.

Tapi, bisakah kita menghilangkan rasa sakit pada gigi tanpa obat sekalipun? Berdasarkan pengalaman saya, bisa menghilangkan rasa sakit pada gigi tanpa obat. Pengalaman ini mungkin berbeda tiap orang, dan anda yang membaca ini bisa setuju bisa juga tidak.

Nah berikut cara menghilangkan rasa sakit pada gigi tanpa obat. Ini cara-caranya! Tapi sebelumnya usahakan agar gigi anda sudah dibersihkan dengan cara menyikat gigi anda.

Jangan lupa pakai pasta agar bisa membantu meredakan sakit gigi yang anda derita.

1. Kompres pakai Es Batu


Mengopresnya dengan es batu dapat menghilangkan secara perlahan sakit gigi anda. Ini bertujuan untuk meredakan saraf gigi anda.

Cara ini mungkin adalah cara paling umum untuk menghilangkan sakit gigi tanpa obat, apalagi jika anda menderita sakit gigi pada jam-jam kritis atau menjelang tengah malam.

Silahkan ambil satu hingga empat es batu, lalu taruhlah didalam kain lalu kompres dibagian gigi yang sakit.

Tunggu beberapa saat bahkan sampai esnya mencair. Anda dapat mencobanya hingga 2 kali. Tetapi jika sakit gigi anda tidak hilang, maka anda bisa mencoba cara yang kedua.


2. Kumur pakai air garam


Air garam ternyata dapat meredakan sakit gigi dan merupakan cara-cara paling umum untuk menghilangkan sakit gigi tanpa obat.

Jika anda menderita sakit gigi seperti yang saya alami, maka silahkan berkumur dengan air garam.

Silahkan taruh 1 sendok garam di dalam gelas. Gelas berukuran sedang atau sekira 250 ml, lalu aduk sampai garamnya hilang. Setelah itu, kumur dibagian gigi yang sakit hingga 2 menit.

Air garam adalah salah satu antispetik yang dapat berfungsi untuk menghilangkan sakit gigi dan ini dapat anda lakukan hingga 3 kali.

Kalau memungkinkan, anda bisa berkumur sampai air didalam gelas itu habis dan anda bisa lakukan ini secara berulang-ulang. Namun jika sakit gigi tidak juga hilang, silahkan ikuti langkah yang ketiga.

3. Tempel Gigi yang Sakit Dengan Bawang Putih


Sama seperti air garam, Bawang putih juga bisa bertindak sebagai antiseptic dan ini dapat meredakan sakit gigi yang anda derita.

Cara ini sudah saya lakukan setiap kali saya menderita sakit gigi, dan syukurlah sakit gigi saya berangsur-angsur hilang.

Jika anda mengikuti langkah yang ketiga ini, silahkan anda mengambil bawang putih secukupnya, lalu iris hingga halus. Setelah itu tempelkan pada gigi yang sakit. Lalu tunggu sampai 2 menit dan keluarkan.

3 cara ini merupakan cara paling umum untuk menghilangkan sakit gigi. Fungsinya sebagian besar sama, untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi dengan membantu meredakan saraf gigi, membersihkan kuman dan bakteri serta dapat membantu menghilangkan sakit gigi yang anda derita tanpa obat sekalipun.

Jika sakit tidak hilang, saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter.

Penutup

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, 3 cara diatas sudah sering saya lakukan untuk menghilangkah sakit gigi yang saya derita.

Dan ini cukup berhasil sejauh ini sehingga saya tidak perlu repot-repot membeli obat dan mengkonsumsi bahan-bahan kimia yang justru membahayakan saya di kemudian hari.

Tetapi mungkin langkah terakhir yang dapat anda ambil jika semua cara sudah anda coba untuk meredakan sakit gigi adalah dengan mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter.

Dan tentu saja, cara paling baik untuk meredakan sakit gigi adalah dengan mencegahnya terjadi. Usahakan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi 3 kali sehari dan juga merawat kesehatan gigi dan mulut anda.

Nah demikian artikel tentang  cara menghilangkan sakit gigi tanpa obat. Jika anda punya pertanyaan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!